Prosedur Peserta Tes SKD CPNS 2021 Terkonfirmasi Positif Covid-19

- Rabu, 8 September 2021 | 12:50 WIB
Ilustrasi, Peserta Tes SKD CPNS 2021. (dok)
Ilustrasi, Peserta Tes SKD CPNS 2021. (dok)



SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi mengumumkan lokasi dan jadwal tes SKD CPNS 2021. Informasi ini dikeluarkan dalam surat resmi BKN no: 7787/B-KS.04.01/SD/E/2021 tertanggal 23 Agustus 2021.

Dari surat resmi BKN itu, SKD CPNS 2021 Instansi Pusat dan Instansi Daerah di lokasi BKN Pusat, Kantor Regional, dan UPT BKN akan dimulai pada 2 September 2021.

BKN sudah menerbitkan Surat Edaran Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2021, tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Surat edaran ini berisi kebijakan umum, prosedur penyelenggaraan seleksi, dan langkah yang diterapkan bagi peserta SKD CPNS 2021 yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga: Lokasi dan Jadwal Tes SKD CPNS 2021 di Jateng, Dimulai 14 September

Pedoman Umum Peserta saat Tes SKD CPNS 2021

Berdasarkan Surat Edaran Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2021, rangkuman pedoman umum bagi peserta:

-Peserta dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari kalender sebelum pelaksanaan seleksi dan tidak diperkenankan singgah di tempat lain selama perjalanan menuju ke tempat seleksi.
-Peserta wajib menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu. Disarankan menggunakan masker medis atau masker kain 3 lapis. Menggunakan pelindung wajah (faceshield) saat berhadapan orang lain sebagai perlindungan tambahan.
-Peserta wajib menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan/atau menggunakan handsanitizer.
-Peserta membawa alat tulis pribadi.
-Peserta yang berasal dari wilayah yang berbeda dengan lokasi ujian, wajib mengikuti ketentuan protokol perjalanan yang ditetapkan oleh pemerintah.
-Jika hasil pengukuran suhu peserta di atas 37,3 derajat Celcius, maka diberikan tanda khusus dan mengikuti ujian di tempat terpisah yang diawasi oleh petugas yang wajib memakai masker dan pelindung wajah.
-Pengantar peserta dilarang masuk dan menunggu di dalam area seleksi untuk menghindari kerumunan.

Baca Juga: Korban Selamat Kebakaran Lapas Tangerang, 6 Tahanan Alami Luka Bakar Berat

Prosedur Jika Peserta Terkonfirmasi Positif Covid-19 saat Tes SKD CPNS 2021

Jika peserta terkonfirmasi positif Covid-19 saat mengikuti SKD 2021, maka prosedur yang harus dilakukan peserta dan instansi adalah:

Terkonfirmasi positif Covid-19 dan sedang isolasi

-Peserta wajib melaporkan diri kepada instansi yang dilamar.
-Instansi terkait wajib mengirimkan surat kepada kepala BKN berisi permohonan penjadwalan di akhir seleksi di lokasi tempat peserta tersebut mengikuti seleksi atau lokasi BKN terdekat. Surat ini disertai bukti surat rekomendasi dokter dan hasil swab PCR serta keterangan menjalani isolasi dari pejabat yang berwenang.
-BKN pun akan mengatur kembali jadwal peserta Seleksi CPNS.

Terkonfirmasi positif Covid-19 namun tidak atau sudah isolasi

-Peserta wajib melaporkan diri kepada Panitia Seleksi Instansi.
-Panitia wajib melaporkan kepada Tim Pelaksana CAT BKN dengan membuat Berita Acara Peserta Terkonfirmasi Positif Covid-19 dan memuat permohonan penjadwalan di akhir seleksi di lokasi tempat peserta tersebut mengikuti seleksi atau lokasi BKN terdekat.
-Peserta dapat mengikuti sesuai jadwal yang ditetapkan.

Baca Juga: Cara Mudah Melihat Live Score Hasil SKD CPNS 2021

Jadi, peserta tetap diperbolehkan mengikuti tes SKD CPNS 2021 asalkan peserta mengikuti ketentuan tersebut.

Pernyataan Deklarasi Sehat Tes SKD CPNS 2021.

Peserta jangan sampai melupakan pernyataan Deklarasi Sehat yang harus diisi dalam kurun waktu 14 hari sebelum mengikuti tes dan paling lambat satu hari jelang tes. Pernyataan ini dapat diunggah di laman sscasn.bkn.go.id.

Masuk ke akun Anda terlebih dahulu dan isi kolom ‘Deklarasi Sehat pada bagian akhir halaman Resume Pendaftaran. Jika sudah terisi, klik opsi ‘Simpan’, dan cetak kartu.

Itulah prosedur jika peserta tes SKD CPNS 2021 terkonfirmasi positif Covid-19.

 

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Ikut Program Sertifikasi Halal? Berikut Syaratnya

Rabu, 15 September 2021 | 20:08 WIB

BOCORAN Materi TWK SKD CPNS 2021, Peserta Harus Pahami

Rabu, 15 September 2021 | 16:15 WIB
X