Difabel Batang Pembuat Coding Garap Aplikasi Streaming Radio Abirawa FM

- Rabu, 15 September 2021 | 11:56 WIB
Sejumlah Staf Diskominfo berdiskusi dengan Ardy Himawan, difabel Batang pembuat coding. (dok)
Sejumlah Staf Diskominfo berdiskusi dengan Ardy Himawan, difabel Batang pembuat coding. (dok)



BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Ardy Himawan (26), asal dukuh Gepor RT 01 RW 03 Kecamatan Limpung, merupakan difabel yang berhasil membuat coding aplikasi.

Meskipun punya keterbatasan fisik, dari hasil belajar secara otodidak, coding karyanya berhasil dilirik bahkan dipesan hingga luar negeri.

Setelah mendapat kunjungan Bupati Batang Wihaji pada 8 September 2021, sebagai tindaklanjutnya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang mengunjungi rumah Ardy Himawan untuk memberikan pendampingan.

Diskominfo akan mendukung dan membantu Ardy Himawan sesuai kemampuannya. Kami sudah mengirimkan staf untuk mengetahui kemampuan apa saja yang diketahui dalam hal Information Technology (IT),” kata Kepala Diskominfo Triossy Juniarto saat ditemui di Kantornya, Rabu 15 September 2021.

Baca Juga: Tak Lulus SD, Difabel Asal Batang Pandai Buat Coding Dipesan hingga Amerika

Diskominfo juga akan mengandeng Ardy Himawan untuk berkolaborasi terkait aplikasi streaming Radio Abirawa FM.

"Jadi nanti Abirawa tidak hanya dinikmati diradio saja tetapi bisa juga didengarkan melalui aplikasi android, dari hasil karya Ardy Himawan," kata Trioosy Juniarto.

Untuk fasilitas penunjang seperti jaringan koneksi internet, Diskominfo bekerjama dengan Telkom mengganti paket internet ke promosi agar lebih murah bayarnya.

Terkait spesifikasi komputer milik Ardy Himawan yang selama ini dugunkan kurang standar untuk pemprograman,  Diskominfo Kabupaten Batang akan membantu komputer yang lebih mumpuni.

Baca Juga: DAFTAR Lengkap Harga Seri iPhone 13 di Berbagai Negara

"Bantuan komputer yang lebih mumpuni untuk pemprograman kita akan dibantu. Tapi Sekarang kita fokus untuk project kecil yang kita berikan untuk dia terlebih dahulu,” terangnya.

Sementara Kepala Bidang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Diskominfo Andari Rooska Yusefina menambahkan, setelah  berdiskusi dengan Ardi untuk melihat potensi yang dimiliki.

Akhirnya dia menyetujui dan antusias sekali jika diberikan project kecil dari Diskominfo Kabupaten Batang.

Diskominfo Kabupaten Batang memberikan pendampingan, karena dilihat kemampuannya perlu dikembangkan lagi tentang pemprograman aplikasi khususnya gawai. Nantinya aplikasi dimasukkan ke dalam Google Playstore untuk dikomersilkan,” tegasnya.

Diskominfo juga berencana membuatkan pelatihan tentang pemprograman dengan narasumber Ardi.

Baca Juga: Sudah Diusulkan ke Wihaji Lebih 6 Bulan, Kapan Ramp Difabel di Kantor Bupati Batang Dibuat?

"Ini untuk memotivasi semangat generasi muda tentang pemprograman agar memunculkan potensi-potensi ahli IT di Kabupaten Batang," kata Andari Rooska Yusefina

Ardy Himawan sangat sangat apresiasi kepada Bupati Batang Wihaji dan Diskominfo atas perhatian dan kepeduliannya.

“Alhamdulillah saya mendapat project kecil untuk membuatkan streaming Radio Abirawa FM yang dapat dinikmati melalui android. Saya juga meminta dukunganndan bimbinganya agar saya lebih baik lagibdalam berkarya," ujar dia.

Perlu diketahui Ardy Himawan, Pemuda berusia 26 tahun asal dukuh Gepor RT 01/03 desa/kecamatan Limpung yang mengalami kelumpuhan sejak usia 9 tahun.

Anak pasangan dari Kunarsih (53) dan Slamet (56) itu, sejak divonis dokter mengalami sakit TBC tulang sehari - hari waktunya dihabiskan di depan komputer untuk mengembangkan kemampuan membuat aplikasi.

Meski hanya menjalani pendidikan hingga kelas 4 SD, namun kemampun dalam hal coding maupun programan cukup bisa diandalkan.

Bahkan beberapa coding untuk kebutuhan aplikasi buatanya sempat dibeli oleh warga Amerika senilai 100 dollar hingga 150 dollar.




Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinsos Batang Pecat Dua Pendamping PKH, Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 16:56 WIB

Kementerian ATR-BPN Targetkan 2025 Seluruh Tanah Terdata

Senin, 20 September 2021 | 15:44 WIB

Percepatan Vaksinasi, Pemkab Sukoharjo Siap Kejar Target

Senin, 20 September 2021 | 14:54 WIB
X