Kejar Herd Immunity, Klaten Gerakkan Program Desa Tuntas Vaksinasi

- Rabu, 15 September 2021 | 12:20 WIB
Desa Tuntas Vaksinasi Klaten.  (Dok)
Desa Tuntas Vaksinasi Klaten. (Dok)



KLATEN, AYOSEMARANG.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten meluncurkan program Desa Tuntas Vaksinasi untuk mempercepat capaian herd immunity atau kekebalan masyarakat.

Program itu diawali dengan kegiatan vaksinasi massal itu dilakukan belum lama ini di halaman Balai Desa Karangasem, Cawas, Klaten yang diikuti 1.500 orang warga dan ditinjau langsung Bupati Klaten Sri Mulyani, Selasa 14 September 2021.

Bupati Sri Mulyani mengatakan, program Desa Tuntas Vaksinasi menjadi upaya percepatan membangun kekebalan masyarakat. Hal ini dilakukan dari desa ke desa agar warga lebih dekat mengakses vaksinasi.

Baca Juga: SAAT Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Delanggu Klaten

Baca Juga: Sidak di Klaten, Ganjar Temukan Sekolah Laksanakan PTM Tak Disiplin Prokes

“Desa Karangasem hari ini saya tuntaskan untuk satu desa selesai vaksin. Melalui vaksinasi ini harapannya masyarakat imunnya semakin baik, (dan) tentunya herd immunity-nya terbentuk baik,” jelas  Sri Mulyani.

Bupati Klaten menambahkan  Pemkab Klaten akan terus mengandeng banyak pihak selaku  pemangku kepentingan  untuk menjaga masyarakat tetap sehat, sekaligus mengajak, baik kepada peserta maupun yang sudah menerima vaksin untuk selalu menjaga dan menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.  
   
“Semoga dengan program Desa Tuntas Vaksin ini nanti seluruh warga masyarakat dijauhkan dari virus corona. Tak lupa saya berpesan, bapak ibu semuanya yang sudah divaksin, tetap dijaga protokol kesehatannya. Jangan euforia, lalu kendor melakukan protokol kesehatan setelah divaksin. Yang paling utama adalah selalau pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak,” tambah pungkas Bupati.

Baca Juga: Difabel Batang Pembuat Coding Garap Aplikasi Streaming Radio Abirawa FM

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Desa Segaran Klaten, Warga Bungah hingga Rela Tak Sarapan

Camat Cawas Moh Prihadi di tengah mendampingi warganya yang divaksinasi mengungkapkan  program Desa Tuntas Vaksin di wilayahnya melibatkan peserta dari desa sekitar. Peserta vaksinasi harus melalui tahap pengecekan untuk menghindari hal tidak diinginkan.

“Panitia mengundang  1500 orang warga masyarakat yang sudah terdaftar. Rinciannya sebanyak 900 orang dari warga Desa Karangasem, dan sisanya dari desa-desa sekitar yaitu Desa Nanggulan, Burikan, Kedung Ampel, dan Mendungan. Kriteria peserta adalah usia 18 tahun keatas dengan kondisi sehat dan tidak komorbid, serta lolos screening oleh tim medis. Harapannya dengan vaksinasi ini akan meningkatkan imun kekebalan warga masyarakat terkait dengan pandemi Covid-29 ini dan segera selesai,” pungkas Prihadi.

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinsos Batang Pecat Dua Pendamping PKH, Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 16:56 WIB

Kementerian ATR-BPN Targetkan 2025 Seluruh Tanah Terdata

Senin, 20 September 2021 | 15:44 WIB

Percepatan Vaksinasi, Pemkab Sukoharjo Siap Kejar Target

Senin, 20 September 2021 | 14:54 WIB
X