Dorong Smart Village, Dispermades Batang Sederhanakan Layanan Aplikasi Desa dengan Big Data

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:10 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) kabupaten Batang Dr. Agung Wisnu Barata saat menjadi narasumber webinar.   Foto: Muslihun kontributor Batang
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) kabupaten Batang Dr. Agung Wisnu Barata saat menjadi narasumber webinar. Foto: Muslihun kontributor Batang

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Sebanyak 17 program aplikasi berbasis teknologi digital telah digunakan di desa,

di antaranya Siskeudes (Sistem Keuangan Desa), PRODESKERL (Profil Desa dan Kelurahan), SIPADES (Sistem Pengelolaan Aset Desa).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) kabupaten Batang Dr. Agung Wisnu Barata saat menjadi narasumber webinar bertema Penerapan Teknologi Digital Untuk Tata Kelola Pemerintahan Desa di Kabupaten Batang, Senin 11 Oktober 2021 lalu.

Baca Juga: Terapkan Core Values, ASN Batang Harus Berikan Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

"Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) yang berbasis Smart Village, merupakan layanan informasi yang dibuat oleh Dispermades yang berkerjasama dengan desa, Diskominfo, serta Disdukcapil Kabupaten Batang," kata Agung Wisnubarata.

Ia menjelaskan sistem aplikasi Siskeudes tersebut sejak tahun 2018 telah terintegrasi dengan Inspektorat dan saat ini masih dalam proses inovasi untuk mendukung program Smart Village.

"Kita masih menyatukan berbagai sistem aplikasi agar lebih mudah dan simpel bagi masyarakat desa, agar program Smart Village yang di gagas Bupati Wihaji bisa terlaksana di tahun 2021," ungkap Agung Wisnu Barata.

Menurutnya, aplikasi yang berbasis Smart Village di era teknologi digital ini, harus memudahkan masyarakat dalam mencari informasi dan memudahkan masyarakat mendapat pelayanan administrasi kependudukan serta lain sebagainya.

Baca Juga: Dorong Inovasi, Pemkab Batang Jalin Kerjasama dengan UNWAHAS

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X