PERHATIKAN, Berkendara Motor Sambil Ngobrol Bisa Didenda Rp750.000 dan Penjara 3 Bulan

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 13:45 WIB
Ilustrasi berkendara sambil mengobrol.  (Instagram @satlantaspolrestabjm)
Ilustrasi berkendara sambil mengobrol. (Instagram @satlantaspolrestabjm)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Suka mengobrol saat berkendara sepeda motor? Selain membahayakan pengendara di jalan raya, berkendara sambil mengobrol bisa kena denda bahkan dipenjara.

Berkendara sambil mengobrol di jalan tentu mengganggu perjalanan pengemudi lainnya. Parahnya, berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Buat pengendara yang ketahuan berkendara sambil mengobrol, siap-siap kena hukuman denda sebesar Rp750.000 atau sanksi penjara maksimal 3 bulan.

Baca Juga: Beri Tips Aman Berkendara, Astra Motor Jateng Ingatkan Pentingnya Rem Sepeda Motor

Dalam akun Instagram @satlantaspolrestabjm, Senin 11 Oktober 2021, Satlantas Polresta Banjarmasin mengunggah video yang memperlihatkan dua pengendara motor yang saling mengobrol di jalan raya.

“Berkendaralah sesuai aturan lalu lintas agar tercipta keamanan dan kenyamanan bersama saat berkendara di jalan raya,” tulis keerangan Satlantas Polresta Banjarmasin, seperi dilansir Suarasurakarta, Kamis 14 Oktober 2021.

Baca Juga: Yamaha Riding Academy Bagikan Tips Berkendara Membawa Barang di Sepeda Motor

Mengobrol sambil berkendara di jalan melanggar UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Adapun yang dilanggar adalah pasal 283 yang berbunyi:

“Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp750.000.” 

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Sumber: Suarasurakarta.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

JANGAN LUPA, Ini Kode Redeem ML 16 Oktober 2021

Jumat, 15 Oktober 2021 | 18:23 WIB

Lirik dan Kunci Lagu Rohani Betapa Hatiku

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:09 WIB
X