Tak Mau Rakyatnya Jadi Penonton, Bupati Batang Menimba Ilmu PAD di Pemkab Tangerang

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 13:59 WIB
Bupati Batang Wihaji saat melakukan studi banding ke Pemkab Tengerang Selatan.  (dok )
Bupati Batang Wihaji saat melakukan studi banding ke Pemkab Tengerang Selatan. (dok )

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Bupati Batang Wihaji melakukan studi banding ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang Provinsi Banten, Kamis 14 Oktober 2021.

Studi banding itu dalam rangka menimba ilmu terkait regulasi dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) serta penataan ruang sebagai daerah penyangga Industri di Tangerang Raya dan DKI.

Menurut Bupati Wihaji, Kabupaten Batang sekarang menjadi wilayah yang strategis setelah adanya kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Hal itu diprediksi akan memunculkan kota - kota satelit sebagai penyangga seperti Limpung, Banyuputih dan Gringsing.

Baca Juga: Sering Dikomplain, Bupati Batang Wihaji Berguru Administrasi Kependudukan di Pemkot Tangerang Selatan

Selain itu, Bupati Wihaji tidak mau rakyatnya hanya jadi penonton dengan berdirinya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Batang Industrial Park (BIP), dan kawan industri lainya.

"Akan ada ratusan ribu tenaga kerja, tidak hanya dari Batang tapi juga dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri," katanya.

Hal itu, lanjut Wihaji, akan dibarengi dengan persoalan sosial yang pelik, kalau tidak diantisipasi sejak dini akan menjadi bom waktu yang bisa meledak dimasa mendatang dan kesemrawutan tata kotanya.

"Oleh karena itu, kedatangan kami belajar ke kota Tangerang untuk belajar tentang regulasi cara mengakomodir penduduk agar menjadi bagian yang ikut andil atas perubahan Batang menjadi kota industri dan jasa," kata Wihaji.

Baca Juga: Percepat Herd Imunnity, Ratusan Santri Ponpes Darussalam Batang Disuntik Vaksin Dosis Pertama

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X