Deklarasikan ODF, Dinkes: Menuju Demak Sehat 2023

- Kamis, 11 November 2021 | 17:37 WIB
Deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Pendopo Kabupaten Demak. (Dkk Demak)
Deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Pendopo Kabupaten Demak. (Dkk Demak)

DEMAK, AYOSEMARANG.COM -- Masalah upaya penyehatan lingkungan pemukiman khususnya pada perilaku buang air besar di sembarang tempat merupakan salah satu dari berbagai masalah kesehatan saat ini.

Yang mana perilaku buang air besar di sembarang perlu mendapatkan prioritas untuk penangananya.

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Demak mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF), perilaku hidup bersih dan sehat melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang tertuang dalam Permenkes Nomor 3 tahun 2014.

"Setiap individu diharapkan memiliki akses terhadap sarana sanitasi dasar, untuk mewujudkan komunitas bebas buang air besar di sembarang tempat," ungkap Kepala Dinkes Demak, Guvrin Heru Putranto, SKM, MM" Kamis 11 November 2021.

Baca Juga: Atasi Rob, Pemkab Kendal Rencanakan Pembangunan Tanggul Pantai di Bandengan hingga Karangsari

Menurutnya, setiap rumah tangga dan fasilitas pelayan umum harus mendapatkan fasilitas air bersih, edukasi tata cara cuci tangan yang benar dan prosedur pengelolaan limbah rumah tangga dan sampah yang benar pula.

Kata Guvrin, salah satu pilar STBM adalah buang air besar di jamban dan pembuangan tinja yang memenuhi syarat kesehatan, untuk menghindari munculnya penyakit berbasis lingkungan seperti diare, typus, muntaber, disentri dan cacingan

"Bilamana penyakit-penyakit tersebut berulang kali dialami oleh masyarakat terlebih lagi pada bayi dan balita hal ini akan memicu munculnya stunting di masyarakat dan generasi muda," jelasnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Demak merupakan salah satu dari kabupaten/kota di Jawa Tengah, dan satu-satunya kabupaten di eks Karesidenan Semarang yang belum ODF.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X