Lewat Taman Edukasi, Kampung Jamune Bu'e Wujudkan Destinasi Wisata Kolaboratif

- Jumat, 12 November 2021 | 18:36 WIB
Kampung Jamune Bue yang bertampat di Kelurahan Proyonanggan Selatan RT 1 RW 1, Kabupaten Batang, Jumat 12 November 2021.   ( Foto : dok )
Kampung Jamune Bue yang bertampat di Kelurahan Proyonanggan Selatan RT 1 RW 1, Kabupaten Batang, Jumat 12 November 2021. ( Foto : dok )


BATANG, AYOSEMARANG.COM - Setelah berhasil menarik kaum milenial menyukai jamu, kini Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kampung Jamune Bu’e berinovasi membuat destinasi Taman Edukasi yang berkolaborasi dengan beberapa kelompok usaha sekitar. 


Taman tersebut berisi tanaman herbal atau lebih dikenal apotek hidup, yang diharapkan dapat dikenal anak-anak sejak usia dini.


Penanggung jawab Kampung Jamune Bu’e, Sukoningsih mengatakan, taman ini bertujuan agar anak-anak dapat belajar langsung dengan melihat dan mempelajari beragam jenis tanaman herbal hingga khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Isuzu Siap Sambut Penerapan EURO IV pada Mesin Diesel 


“Ke depan akan dilakukan pengembangan agar ada peningkatan mutu, rasa dan dikolaborasikan dengan kelompok usaha yang berdekatan, sehingga bisa menjadi destinasi wisata yang terkoneksi,” katanya, saat ditemui di Kampung Jamune Bu’e, di Kelurahan  Proyonanggan Selatan, Kabupaten Batang, Jumat 12 November 2021. 


Sarana penunjang Taman Edukasi, seperti proses produksi ada nilai jual yang baik, sehingga dapat disinkronkan dengan menjual produk ke Pasar Payung Pelangi Dracik.


Selain itu, bisa pula dikolaborasikan dengan Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan (KMPL), karena Kampung Jamune Bu’e juga peduli terhadap lingkungan sekitar dengan memanfaatkan kebun menjadi tanaman herbal berkhasiat.

Baca Juga: Kaum Emak-emak di Batang Dilatih jadi Marketer Online


“Semoga bisa berkembang pesat, masyarakat luas bisa mengenal dan membeli produk hasil olahan kami, sehingga Kampung Jamune Bu’e bisa ikut menunjukkan bahwa kaum ibu pun berdaya secara ekonomi,” harapnya.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bea Cukai Solo Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal

Selasa, 30 November 2021 | 15:14 WIB
X