Ormas di Batang Ini Promosikan Destinasi Wisata Budaya Dinasti Syailendra

- Minggu, 14 November 2021 | 16:48 WIB
Sejumlah anggota pecinta alam di Jawa Tengah ikuti camping dan doa bersama di destinasi wisata budaya desa Silurah Kecamatan Wonotunggal.  Foto : dok
Sejumlah anggota pecinta alam di Jawa Tengah ikuti camping dan doa bersama di destinasi wisata budaya desa Silurah Kecamatan Wonotunggal.  Foto : dok

BATANG, AYOSEMARANG.COM-Disetinasi wisata budaya desa Silurah yang terkenal dengan Arca ganesha peninggalan Dinasti Syailendra mulai dikenalkan kepada komunitas pecinta alam di seluruh Jawa Tengah.

Promosi tersebut diinisasi oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Kabupaten Batang yang menggelar kegiatan doa bersama dan camping. 

“Petanesia merupakan organisasi masyarakat (ormas) yang didirikan oleh Habib Luthfi bin Yahya, organisasi ini berawal dari keprihatinan tentang NKRI yang saat ini sedang digoyang separatisme, radikalisme, dan terorisme."

Baca Juga: Kasus HIV tinggi, KPA Batang Gelar Sosailaisasi Bahaya HIV Sasar Kalangan Muda

"Maka dari itu beliau ingin pemuda-pemuda yang ada di Indonesia itu cinta tanah air Indonesia. Salah satunya mengenal sejarah dan wisata yang ada di Desa Silurah,” kata Ketua DPC Kabupaten Batang Mustofa saat ditemui di Lapangan Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Sabtu 13 November 2021 malam. 

Petanesia bergerak pada budaya, tradisi, sejarah dalam penekannya yang melibatkan lintas agama dan budaya. Karena di petanesia sendiri ada salah satu divisi yang mengurusi tentang pariwisatanya. 

“Kita memilih Desa Silurah karena mempunyai banyak keunikan budaya di Kabupaten Batang. Namun selama ini belum terlalu terekspos oleh masyarakat di luar daerah," katanya. 

Sebagai ormas yang cinta budaya dan sejarah agar tetap lestari, maka ikut mempromosikan dengan mendatangkan pecinta alam untuk mengadakan kegiatan di desa Silurah. 

Baca Juga: Dorong Perempuan Berkontribusi Pembangunan, Bappelitbang Batang Gelar Lomba Inovasi 

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bea Cukai Solo Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal

Selasa, 30 November 2021 | 15:14 WIB
X