Puskesmas di Demak Komitmen Tangani Penyakit Kronis Penyebab Kematian

- Senin, 15 November 2021 | 20:37 WIB
Dokter Fungsional Puskesmas Wedung l, dr. Sulistiyo Widodo memberikan penyuluhan kesehatan pada peserta Prolanis di Puskesmas Wedung l.  (Puskesmas Wedung l)
Dokter Fungsional Puskesmas Wedung l, dr. Sulistiyo Widodo memberikan penyuluhan kesehatan pada peserta Prolanis di Puskesmas Wedung l. (Puskesmas Wedung l)

DEMAK, AYOSEMARANG.COM -- Sejumlah penyakit kronis menempati urutan atas penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Sehingga, proses penanganan penyakit tersebut perlu dilakukan dengan baik.

Adapun penyakit kronis yang berdampak kematian di antaranya, diabetes tipe 2 dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Untuk menangani itu, Puskesmas Wedung l mengadakan program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan.

"Kegiatan Prolanis ini mencakup upaya-upaya pencegahan komplikasi berlanjut dan peningkatan kesehatan masyarakat, yang meliputi kegiatan konsultasi medis, klub prolanis, home-visit, dan skrining kesehatan," terang Dokter Fungsional Puskesmas Wedung l, dr Sulistiyo Widodo, Minggu (14/11/2021).

Baca Juga: Kode Redeem ML Mobile Legends Selasa 16 November 2021, Siap Memanjakan Sebelum MVP

Jelasnya, Prolanis adalah program untuk meningkatkan kualitas hidup para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan, yang mengidap penyakit kronis dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

"Dalam pelaksanaan Prolanis, selain peserta, peran fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan juga sama pentingnya," katanya.

dr.Sulistiyo menyebut, penyakit kronis yang menjadi fokus pada Prolanis adalah diabetes tipe 2 dan hipertensi.

"Sebab, jumlah pengidap kedua penyakit tersebut memang sangat banyak di Indonesia," ujarnya.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X