Tingkatkan Kompetensi Bendahara BOS, Dindikbud Demak Beri Sosialisasi Pengelolaan Dana BOS

- Selasa, 16 November 2021 | 12:49 WIB
suasana saat pelaksanaan sosialisasi pengelolaan dana BOS oleh Dindikbud Demak (Foto: Zaidi)
suasana saat pelaksanaan sosialisasi pengelolaan dana BOS oleh Dindikbud Demak (Foto: Zaidi)

DEMAK, AYOSEMARANG.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Demak memberikan sosialisasi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada bendahara BOS di sekolah-sekolah.

Secara teknis, Kasubbag Program Dindikbud Demak, Dwi Isnaini Saparyati S.I.P, M.T menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi pengelola dana BOS Satuan Pendidikan khususnya bendahara BOS SD dan SMP.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Budi Utomo Dindikbud Demak dan diikuti oleh bendahara BOS jenjang SD dan SMP baik swasta maupun negeri.

Baca Juga: Puskesmas di Demak Komitmen Tangani Penyakit Kronis Penyebab Kematian

Agenda tersebut digelar dari tanggal 23 September hingga 6 Oktober 2021. Pelaksanaannya dibagi menjadi 2 sesi, yang setiap sesinya diikuti oleh kurang lebih 50 peserta. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Untuk jenjang SD ada total 490 sekolah dengan 469 sekolah negeri dan 21 sekolah swasta. Sedangkan untuk tingkat SMP ada total 82, dengan sekolah negeri sebanyak 38 dan sekolah swasta sejumlah 44," ungkapnya.

Kegiatan tersebut melibatkan beberapa narasumber dari perangkat daerah yang terkait dengan pengelolaan BOS di Kabupaten Demak, antara lain BPKPAD, Inspektorat, dan KPP Pratama Demak.

Ada pun materi yang diberikan meliputi evaluasi pengelolaan dan kinerja BOS oleh Inspektorat, perpajakan BOS dan E-Bupot oleh KPP Pratama, dan Perbup tentang standar harga satuan dan Perpres Nomor 33 Tahun 2020 oleh BPKPAD Kabupaten Demak.

Dengan melibatkan beberapa narasumber dari perangkat daerah terkait, diharapkan pengelolaan dana BOS di Kabupaten Demak dari tahun ke tahun semakin baik dan mampu memberikan kontribusi terhadap pencapaian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Kabupaten Demak di masa mendatang.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Sumber: Advertorial

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X