Kekurangan Guru PNS, Pemkab Batang Rekrut 810 Guru PPPK

- Kamis, 25 November 2021 | 14:31 WIB
Bupati Batang Wihaji saat menjadi pembina upacara HUT PGRI ke 76 dan HUT HGN di halaman kantor Bupati setempat, Kamis 25 November 2021. 
Bupati Batang Wihaji saat menjadi pembina upacara HUT PGRI ke 76 dan HUT HGN di halaman kantor Bupati setempat, Kamis 25 November 2021. 

BATANG, AYOSEMARANG.COM- Berdasarkan data dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Batang, jumlah total guru di Batang saat ini sekitar 5.000 orang. Dari jumlah tersebut sekitar 2.700 merupakan guru wiyata bakti. 

Untuk mensiasati kekurang guru ASN, Pemerintah Kabupaten Batang di tahun 2022 akan merekrut 810 guru Wiyata Bakti menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

"Kita sudah usulkan dan sudah ditetapkan. 2022 nanti kita buka formasi guru sebanyak 810 khusus PPPK. Para wiyata bhakti bersiap - siap saja," kata Bupati Batang Wihaji usai upacara HUT PGRI ke 76 yang berlangsung di halaman kantor bupati setempat, Kamis 25 November 2021. 

Baca Juga: Kesejahteraan Guru Batang Tertinggi di Jawa Tengah, Ketua PGRI Apresiasi Bupati Wihaji

Ia pun menjelaskan bahwa rekrutmen P3K sudah dihitung dengan matang sesuai kemampuan keuangan daerah. Sehingga kekurangan guru di Batang akan segera terkurangi dengan rekruitmen PPPK

Sementara itu Ketua PGRI Kabupaten Batang Arif Rohman mengatakan, total jumlah guru di Kabupaten Batang ada sekitar 5.000 tingkat SD dan SMP.  Jumlah tersebut separuh lebih merupakan guru wiyata bhakti. 

Baca Juga: Kecelakan Karambol Libatkan 8 Truk di Jalan Pantura Batang, Dua Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

"Strategi kita untuk memenuhi kekurangan guru dengan program rekrutmen ASN PPPK sebanyak 810 formasi," katanya. 

Di Desember ini, kata dia, Disdikbud juga akan menghitung berapa kekurang guru di masing masing satuan pendidikan untuk guru kelas maupun mata pelajaran. 

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Percantik Nepal Van Java, Ganjar Bantu 2 Ton Cat

Minggu, 28 November 2021 | 11:00 WIB
X