Bea Cukai Tegal Minta Warga Waspadai Rokok Cukai Daur Ulang 

- Kamis, 25 November 2021 | 16:12 WIB
Bea Cukai Tegal saat memberikan sosialisasi pada pegiat kopi dan seniman musik.   Foto: Muslihun kontributor Batang 
Bea Cukai Tegal saat memberikan sosialisasi pada pegiat kopi dan seniman musik. Foto: Muslihun kontributor Batang 

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Berbagai modus untuk menghindari cukai banyak di lakukan oleh pemilik usaha rokok. Selain tanpa cukai, sekarang juga marak penggunaan cukai daur ulang yang perlu diwaspadai, karena merugikan negara.

Hal tersebut disampaikan oleh Staff Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Bea Cukai Tegal Haryo Mataram Kalpikaningra, saat memberi sosialisasi bidang cukai kepada para musisi dan pegiat kopi Kabupaten Batang di Hotel Sendangsari, Kamis 25 November 2021. 

"Kalau untuk rokok yang tidak ada pita cukainya, semua orang pasti sudah paham kalau itu rokok ilegal. Namun ada juga pengusaha nakal yang mensiasatinya, seperti penggunaan cukai bekas," ujar Tegal Haryo Mataram Kalpikaningra. 

Baca Juga: Ada Kawasan Industri Terpadu Batang, Untag Semarang MoU dengan Pemkab Batang

Menurutnya, aksi nakal itu berlangsung dengan kerjasama konsumen dan pedagang. Saat membeli rokok, konsumen melepaskan pita cukai tanpa merusaknya. Pita cukai tersebut dikumpulkan, dalam jumlah tertentu ditukarkan dengan satu bungkus rokok oleh pedagang. 

"Laporkan jika di lapangan menemukan modus-modus seperti itu. Begitu juga dengan peredaran rokok ilegal, baik yang tanpa cukai ataupun pemakaian cukai tidak sesuai jenis produksinya," tegasnya.

Haryo menjelaskan, untuk cukai rokok sendiri dibagi dalam beberapa jenis produksi. Ada cukai untuk Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan Sigaret Putih Mesin (SPM). Dari beberapa jenis itu, besaran cukai yang dikenakan juga berbeda-beda, dan yang paling murah yaitu untuk SKT.

Baca Juga: Kekurangan Guru PNS, Pemkab Batang Rekrut 810 Guru PPPK

"Perbedaan besaran cukai itulah yang kadang disiasati oleh pengusaha nakal. Mereka memproduksi SKM, tapi cukai yang ditempelkan untuk produksi SKT," ucapnya.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bea Cukai Solo Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal

Selasa, 30 November 2021 | 15:14 WIB
X