Rem Blong, Mungkin Komponen Pengereman Ini yang Rusak

- Kamis, 25 November 2021 | 23:54 WIB
Komponen pengereman ini rusak sehingga menyebabkan rem blong. Ini cara mengenali komponen yang rusak tersebut (Foto: Shutterstock)
Komponen pengereman ini rusak sehingga menyebabkan rem blong. Ini cara mengenali komponen yang rusak tersebut (Foto: Shutterstock)

AYOSEMARANG.COM -- Bisa jadi rem blong yang terjadi di kendaraan yang Anda gunakan lantaran komponen pengereman ini yang rusak. Simak baik-baik artikel ini karena permasalahan rem blong tentu berkaitan erat dengan keselamatan pengendara dan penumpang.

Berkendara di jalan raya tentu harus memerhatikan berbagai kinerja, khususnya sistem komponen pengereman. Jika terjadi masalah pada sistem ini, contohnya rem blong, maka bisa mengancam nyawa. Di sisi lain, permasalahan pada master rem sebenarnya bisa dikenali.

Berikut ciri master rem mobil rusak yang berpotensi membuat rem blong, seperti dikutip dari GardaOto dan Suara--jaringan Ayosemarang:

Baca Juga: Fitur dan Spesifikasi Oppo K9x Versi China Bocor ke Publik

1. Perubahan Bentuk pada Seal Rem

Seal rem atau karet rem adalah komponen pengereman yang fungsinya adalah sebagai penghalang, agar oli tidak bocor lalu merembes pada permukaan brake pad. Aliran minyak rem harus berada pada kondisi normal, karena berguna memacu tarikan tuas rem.

Jika aliran minyak rem berjalan tidak normal, maka bisa menjadi penyebab rusaknya master rem. Kondisi ini umumnya terjadi ketika seal master rem tidak mengembang, bisa karena adanya bekas gesekan maupun komponen ini mengalami aus.

Kondisi ini akan lebih membahayakan saat minyak rem bocor, karena tuas rem akan bekerja tidak optimal dalam menghentikan gaya roda.

Baca Juga: Cara Player Genshin Impact 2.3 Mendapatkan 12.000 Primogems dari miHoYo

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Game Terbaik Ponsel Android 2021 Versi Google Play

Selasa, 30 November 2021 | 23:36 WIB

Dilamar Gangga Kusuma, Ini Deretan Mantan Pacar Awkarin

Selasa, 30 November 2021 | 18:19 WIB
X