Hukum Jual Beli Kucing dan Anjing, Ini Pendapat dari Ulama 4 Madzhab

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 10:45 WIB
llustrasi anjing dan kucing.  (shutterstock)
llustrasi anjing dan kucing. (shutterstock)



SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Hukum jual beli kucing dan anjing sering menjadi pertanyaan dari muslim yang ingin memelihara atau mengadopsi hewan-hewan tersebut.

Terkait jual beli kucing dan anjing, pertanyaan ini dijawab Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (Ikadi), Achmad Satori Ismail.

Menurut Kiai Satori, sebenarnya di dalam Islam diajarkan, melakukan jual beli terhadap suatu barang kalau tidak ada manfaatnya maka tidak diperbolehkan.

Itu pula berlaku untuk jual beli kucing dan anjing. Sehingga sebagian ulama membolehkan jual beli anjing, tapi syaratnya untuk menjaga rumah atau berburu.

"Artinya kalau ada manfaatnya dibolehkan (jual beli anjing)," kata Kiai Satori, dilansir dari Republika jaringan Ayosemarang.com, Kamis 25 Agustus 2021.

Baca Juga: Sebelum Adopsi Kucing atau Anjing jadi Peliharaan di Rumah, Perhatikan 3 Komitmen Berikut

Sebagian ulama diungkapnya melarang jual beli anjing sebagaimana hadis, dimana Rasulullah SAW bersabda, melarang memakan hasil menjual anjing.

"Tapi kalau anjing pemburu dan anjing untuk menjaga rumah, artinya bukan untuk senang-senang, maka ada ulama yang membolehkan (jual beli anjing), sama dengan kucing (ada ulama yang membolehkan dan melarang)," katanya.

Dia mengingatkan, masalahnya makanan kucing dan anjing itu terkadang lebih mahal daripada yang dikonsumsi manusia.

Padahal masih banyak orang-orang yang membutuhkan perhatian dan bantuan karena kekurangan secara ekonomi.

"Istilahnya masih banyak orang kelaparan, kemudian ada anjing yang diberi makan lebih daripada porsi untuk memberi makan seorang miskin, itu dikhawatirkan seperti itu," ujarnya.

Sementara pandangan Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI Huzaemah T Yanggo, hewan peliharaan yang bisa dimakan dan halal tentu hukumnya bisa dijual.  Sementara, menjual kucing dan anjing ada 2 pendapat ulama.

Baca Juga: AWAS, 4 Penyakit yang Bikin Kucing Peliharaanmu Tetap Kurus Meski Sering Makan

Menurut pandangannya, kalau anjing untuk berburu di zaman dulu dan anjing untuk melacak atau menangkap penjahat di zaman sekarang, hukumnya boleh dijual.

"Kalau anjing yang digunakan untuk melacak dan menangkap penjahat misalnya, bisa saja (dijual) karena dia selama ini dipelihara, dirawat, dikasih makan," kata Huzaemah.

Mengenai hukum menjual kucing juga sama ada 2 pendapat. Ada ulama yang membolehkan dan melarang jual beli kucing. Ulama yang melarang menjual kucing karena ia bukan hewan untuk dimakan.

Pendapat ulama soal jual beli kucing

Mengutip NU Online, mayoritas ulama di 4 madzah fikih memperbolehkan jual beli kucing meskipun manfaatnya bukan untuk dimakan.

Ini sebagaimana disinggung dalam ensiklopedi fikih terbitan Departemen Wakaf dan Urusan Islam Kuwait, Al-Mausuatul Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah.

Baca Juga: Bikin Gemas! 4 Tanda Kucing Menyukai Kamu

فَذَهَبَ جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ مِنَ الْحَنَفِيَّةِ وَالْمَالِكِيَّةِ وَالشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَابِلَةِ إِلَى أَنَّ بَيْعَ الْهِرَّةِ جَائِزٌ لأنَّهَا طَاهِرَةٌ وَمُنْتَفَعٌ بِهَا وَوُجِدَ فِيهَا جَمِيعُ شُرُوطِ الْبَيْع، فَجَازَ بَيْعُهَا

"Mayoritas ulama fiqih bermadzhab Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali berpendapat bahwa praktik jual kucing itu boleh karena kucing itu suci dan dapat diambil manfaatnya. Padanya juga terdapat semua syarat transaksi penjualan sehingga boleh menjualnya".

Imam An-Nawawi dalam kumpulan fatwanya, mengatakan bahwa jual kucing dan kera seperti praktik yang terjadi di masyarakat.

Menurut Imam An-Nawawi, kedua hewan tersebut memenuhi kriteria produk yang ditentukan dalam norma jual dan beli dalam fiqih.

يصح بيع الهرة والقرد لأنهما طاهران منتفع بهما جامعان شروط المبيع

"Praktik jual beli kucing dan kera tetap sah karena keduanya suci dan termasuk barang bermanfaat serta memenuhi syarat produk," (Imam An-Nawawi, Fatawal Imam An-Nawawi, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2018 M/1439 H], halaman 76).

Editor: adib auliawan herlambang

Sumber: republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Merawat Baterai Ponsel yang Benar

Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:10 WIB

28 Link Twibbon Hari Sumpah Pemuda, Yuk Pasang Fotomu

Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:05 WIB

Pandemi Covid-19 Belum Usai, Jangan Lengah

Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:00 WIB
X