SERU Akhir Pekan Pecinta Minatur Kapal se-Pantura Barat Main Bersama di Batang

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 19:45 WIB
Sejumlah komunitas pecinta minatur kapal main bersama di kolam wisaya pantai Sigandu Bagang, Minggu 3 Oktober 2021.   Foto : Muslihun kontributor Batang
Sejumlah komunitas pecinta minatur kapal main bersama di kolam wisaya pantai Sigandu Bagang, Minggu 3 Oktober 2021. Foto : Muslihun kontributor Batang

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Sejumlah komunitas pecinta remot control miniatur kapal di wilayah pantura barat menggelar main bersama (Mabar) di kolam wiaata pantai Sigandu Batang.

Mereka berasal dari Batang Pekalongan, Tegal dan Kendal yang membawa kapal sesuai daerahnya masing-masing.

Panitia Mabar, Rasokhan mengatakan, main bersama ini untuk menjalin slitarurahmi antar komunitas pecinta miatur kapal remot kontrol.

Baca Juga: Usai Pimpin Ziarah di TMP Kadilangu Batang, Mayjen TNI Suhartono Ketemu Teman Berantem Waktu SD

"Main bersama ini untuk menyalurkan hobi para nelayan dan kreatifitas pengrajin minatur kapal remot control. Karena selain Batang miliki galangan kapal ada banyak juga pengrajin minatur kapal," kata Rasokhan, Minggu 3 Oktober 2021.

Layaknya kapal sungguhan, minatur kapal juga dilengkapi dengan ornamen yang mirip dengan kapal aslinya, seperti bendera, baling - baling kapal dengan penggerak dinamo dinahkodai melalui remot control dengan tenaga listrik dari aki.

Terdapat dua atau tiga kapal saling beradu kecepatan, tak sedikir kapala saling bertabrakan karena nahkodanya tak mampu mengendalikan laju kapal.

"Main bersama ini ada sekitar 54 peserta dengan miniatur kapal tradisional sesuai daerahnya, seperti Batang kapal cantrang, Pekalongan Kapal Cakalang, Tawang Kendal kapal jenis Wedung, kapal Purseine, kapal Gerandong dan Kapal Kletek," katanya.

Tak hanya minatur kapal tadisional, tapi juga terlihat miantur kapal pesiar, kapal tugboat dan kapal perang milik TNI AL.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Martabak Terenak di Kota Semarang, Patut Dicoba!

Senin, 11 Oktober 2021 | 14:55 WIB

Ubud Brayo, Wisata Kuliner di Batang Bernuansa Bali

Sabtu, 25 September 2021 | 14:59 WIB
X