Sarat Kearifan Lokal, Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Masuk 50 Besar ADWI 2021

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 20:37 WIB
Desa Wisata Sumber Bulu yang sudah ditata sedemikian apik. Desa ini masuk 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf RI.  (Humas Jateng)
Desa Wisata Sumber Bulu yang sudah ditata sedemikian apik. Desa ini masuk 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf RI. (Humas Jateng)

KARANGANYAR, AYOSEMARANG.COM -- Desa Pendem Mojogedang, Kabupaten Karanganyar punya objek wisata yang eksotis, yakni Desa Wisata Sumberbulu.

Desa ini bahkan masuk 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf RI.

Selain menawarkan paket wisata, pemberdayaan masyarakat dan kearifan lokal menjadi keunggulan di sini.

Baca Juga: Raih Pengharagaan Trisakti Tourism Award 2021, Desa Wisata Kampung Jawi akan Terus Jaga Kelestarian Adat Jawa

Manager Desa Wisata Sumberbulu, Titin Riyadiningsih menyampaikan bahwa Desa Wisata Sumberbulu mengusung konsep memberdayakan masyarakat sekitar baik itu dari kalangan karang taruna, petani dan pelaku UMKM.

"Di sini kan tidak punya potensi wisata alamnya, hanya ada pertanian dan sendang (mata air). Jadi, konsep yang kita bawa adalah pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Melalui peran masyarakat sejak dirintis 2017 lalu, Desa Wisata Sumberbulu mulai pendataan, pemetaan, dan pengembangan. Hingga saat ini sudah ada tiga paket wisata yang disajikan.

Baca Juga: Kenalkan Desa Wisata Ngesrepbalong, Sineas Kendal Dukung Nurdin Irsyadila Jadi Duta Wisata

Lalu ada apa saja di Desa Wisata Sumberbulu?

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Martabak Terenak di Kota Semarang, Patut Dicoba!

Senin, 11 Oktober 2021 | 14:55 WIB

Ubud Brayo, Wisata Kuliner di Batang Bernuansa Bali

Sabtu, 25 September 2021 | 14:59 WIB
X