Es Pallu Butung, Penyegar di Tengah Panas Kota Semarang

- Selasa, 22 Oktober 2019 | 14:47 WIB
Es Pallu Butung yang dijajakan penjual di sekitar kawasan Sampangan Semarang (Zelika Senja, Abu Rifai/Magang Ayosemarang.com)
Es Pallu Butung yang dijajakan penjual di sekitar kawasan Sampangan Semarang (Zelika Senja, Abu Rifai/Magang Ayosemarang.com)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Di tengah musim kemarau berkepanjangan seperti sekarang, mencari minuman yang bisa menyegarkan sangat membantu tubuh kita agar tetap bisa bekerja dengan maksimal. Kita barangkali bisa menemukan beragam minuman seperti jus, es teh, atau bahkan minuman penguat. Namun bukankah itu terlalu biasa?

Jika kita bosan dengan minuman seperti itu, ada minuman lain yang tak kalah menyegarkan dan bahkan juga mengenyangkan, es pallu butung.

Yap, es pallu butung. Masyarakat pasti sudah mengenal pelbagai macam jenis minuman es di Semarang, seperti es oyen, es campur, es doger, dan lainnya. Namun, belum banyak orang yang mengenal minuman es pallu butung.

Es pallu butung merupakan es asli Makassar yang berisi sumsum Makassar, pisang, dan bahan lain. Kuah es palu butung terbuat dari campuran sirup dan krimer.

AYO BACA : Gethuk Bakar Khas Ungaran, Legit Menggigit

“Biasanya begitu, tapi di saya lain. Ada kacang, nangka, mutiara, dan tape juga. Es pallu butung saya ini spesial,” ujar Anto, penjual es pallu butung di Taman Sampangan, Kota Semarang, Senin (21/10/2019).

Anto mengaku telah berjualan sejak 2014. Ia dan istri memulai segalanya usai kantor pemasarannya di Jawa Barat bangkrut. Mereka berdua akhirnya memutuskan menjual es khas Makassar. Istrinyalah yang memberikan ide ini.

“Istri saya dari Makassar. Waktu bisnis saya bangkrut dulu istri saya bilang mending jualan es saja. Ya jadilah ini saya jualan es pallu butung. Daripada saya di rumah kepikiran soal bisnis saya yang gagal,” ucap Anton.

Menurut Anto, belum banyak orang yang berjualan es palu butung di Kota Semarang. Penjual es palu butung di Semarang pun memiliki resep yang berbeda pada sumsum Makassar yang dijual, sehingga masing-masing memiliki rasa dan ciri khas tersendiri.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Resep Es Doger Segar Dijamin Maknyus Sajikan di Rumah

Kamis, 16 September 2021 | 19:56 WIB

KABAR BAIK, Tebing Breksi Kantongi Izin Uji Coba

Senin, 13 September 2021 | 17:47 WIB

Nite & Day Hotel Group Buka di Semarang

Minggu, 12 September 2021 | 12:30 WIB
X