5 Kuliner Khas Kota Semarang

- Senin, 3 Agustus 2020 | 13:45 WIB
Soto Semarang. (istimewa)
Soto Semarang. (istimewa)

1. Tahu Gimbal

Kuliner yang satu ini bisa jadi serumpun dengan tahu campur, ketoprak atau lontong campur. Berisi tahu goreng yang di goreng setengah matang, potongan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal, udang yang digoreng dengan tepung dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas. Cita rasa tahu gimbal yang berpadu antara gurih, manis, dan tingkat kepedasan yang bisa dipesan sesuai yang diinginkan membuat Tahu Gimbal santapan lezat khas kota Semarang, yang wajib di coba saat berada di ibukota Jawa Tengah ini.

2. Soto Ayam

Boleh jadi kuliner soto hampir di semua kota di Indonesia ada, dengan cita rasanya masing-masing. Namun, kota Semarang layak di sebut sebagai “Kota Soto”, karena hampir di setiap sudut kota ini ada warung soto. Soto Ayam Semarang ada beberapa lauk pelengkap, seperti sate telur puyuh, sate kerang dan gorengan.

 3. Mie Kopyok

Kuliner satu ini berbahan dasar mie yang di padukan dengan lontong, irisan tahu kecil, dan tauge yang telah direbus lalu diberi bumbu air bawang putih sebagai pelengkap. Mie kopyok  banyak kita jumpai di sudut-sudut kota Semarang, mulai dari yang berjualan menggunakan gerobag atau pikulan, hingga restoran menyediakan kuliner yang memiliki cita rasa gurih, pedas dan manis ini. Cita rasa Mie Kopyok makin kuat, karena biasanya penjual terutama yang menggunakan gerobag atau pikulan, masih memasak dengan cara yang sangat tradisional, menggunakan tuku arang.

4. Wingko Babat

Kudapan yang satu ini mungkin memang bukan asli Semarang, lebih tepatnya berasal dari salah satu kecamatan di Lamongan, Jawa Timur. Namun, Wingko Babat nama jajanan ini sudah kadung melekat sebagai salah satu oleh-oleh yang wajib di jadikan oleh-oleh saat berkunjung di kota Semarang.  Wingko Babat yang memadukan rasa dari kelapa muda pilihan dan gula, membuat panganan satu ini bercita rasa yang khas. Kue Wingko Babat sendiri pertama kali  dikenalkan oleh satu warga pendatang asal Babat, Lamongan yang menetap di Semarang. Dan kini, kue Wingko Babat sudah di “modifikasi” dengan berbagai macam varian rasa seperti rasa durian, nangka dan pisang.*

5. Tahu Pong

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Resep Es Doger Segar Dijamin Maknyus Sajikan di Rumah

Kamis, 16 September 2021 | 19:56 WIB

KABAR BAIK, Tebing Breksi Kantongi Izin Uji Coba

Senin, 13 September 2021 | 17:47 WIB

Nite & Day Hotel Group Buka di Semarang

Minggu, 12 September 2021 | 12:30 WIB
X