Unik, Lunpia Khas Kendal Isi Rebung dan Ikan Bandeng

- Selasa, 23 Februari 2021 | 12:11 WIB
Sadiah mengolah ikan bandeng menjadi isian lunpia khas Kendal dan dijual di otlet miliknya di Pantura Ketapang Kendal. (edi prayitno/kontributor kendal)
Sadiah mengolah ikan bandeng menjadi isian lunpia khas Kendal dan dijual di otlet miliknya di Pantura Ketapang Kendal. (edi prayitno/kontributor kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Lunpia, makanan yang berisi campuran rebung dan udang serta daging ayam. Namun, lunpia di Kendal dibuat berbeda, bukan berisi rebung dan udang, melainkan daging ikan bandeng.

Ikan bandeng merupakan salah satu bahan makanan yang mudah dijumpai, rasanya yang enak membuat banyak orang menggemari berbagai olahan ikan bandeng. Selain rasa, ikan bandeng juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

Omega 3 yang ada dalam ikan bandeng dipercaya mampu menurunkan asam lemak sehingga mencegah penyakit seperti penggumpalan darah, serangan jantung dan kolesterol. Ikan bandeng juga disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung protein tinggi yang baik bagi janin.

AYO BACA : Serunya Lomba Makan Ayam Steam Mblenger di Kopi Senthet Kendal

Di tangan Sadiah atau yang lebih dikenal dengan Mba Diah, ikan bandeng diolah menjadi isian lunpia yang nikmat dan lezat. Sejak tahun 2010, mbak Diah memang gemar berinovasi dengan olahan ikan bandeng dan hingga saat ini telah membuat sekitar 40 olahan ikan bandeng.

Salah satu olahan ikan bandeng yang menjadi produk unggulannya diberi nama Lunpia Bandeng Mba Diah. Lunpia tersebut dibandrol dengan harga Rp70.000  per kotak yang berisi 5 lunpia.

“Kita berinovasi dengan bahan ikan bandeng yang merupakan khas Kendal. dari coba-cona kita ingin makanan ringan bisa menggunakan olahan bandeng dan jadilah lunpia ikan bandeng,” katanya.

AYO BACA : Hotman Paris Disuntik Vaksin Covid-19 Lansia, Aspri Cantik: Jangan Pak!

Ketika penjualan ramai, Lunpia Bandeng Mba Diah dapat meraih omset hingga Rp3 juta per harinya. Lunpia bandeng miliknya dapat dijumpai di beberapa outlet daerah lainnya seperti, Jakarta, Bandung, hingga rest area sepanjang jalan tol trans Jawa.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

7 Tips Menentukan Rencana Liburan, Dijamin Anti Ribet

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:11 WIB

7 Tips Aman Saat Berlibur, Jangan Pakai Baju Begini

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:38 WIB
X