Eksistensi Bubur Tujuh Rupa di Saat Ramadan, Banyak Dicari Cocok untuk Buka Puasa

- Kamis, 22 April 2021 | 17:49 WIB
Stan Bubur Tuju Rupa bu Joko (ayosemarang.com/Vedyana/Pratiwi)
Stan Bubur Tuju Rupa bu Joko (ayosemarang.com/Vedyana/Pratiwi)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Bubur Tujuh Rupa merupakan salah satu hidangan tradisional di Semarang. Hidangan yang berbahan baku dari tepung beras ini, semakin banyak dijumpai di kala Ramadan.

Hal tersebut karena hidangan yang manis dan lembut ini cocok untuk menu takjil disaat berbuka puasa.

Bubur tujuh rupa sendiri adalah campuran antara bubur candil, ketan hitam, sumsum, mutiara, bubur ubi/telo, jiwawut, kacang hijau kupas dan di tambah dengan siraman santan dan gula merah.

Bubur Tujuh Rupa bu Joko merupakan salah satu yang masih mempertahankan ke eksistensi bubur legendaris ini.

AYO BACA : Menu Ramadan: 5 Minuman yang Cocok Buat Buka Puasa, Mana Pilihanmu?

Bubur ini semakin banyak dicari karena rasanya yang manis cocok untuk menu berbuka puasa. Di sini juga ada bubur candil, ketan hitam, sumsum, mutiara, bubur ubi/telo, jiwawut, kacang hijau kupas. Yang berbahan baku utama tepung beras, tepung ketan, tepung tapioka, ujar Hartini, salah satu penjual bubur tujuh rupa kepada ayosemarang.com, Kamis 22 April 2021.

Selain itu, lanjut Hartini, menurut kepercayaan Jawa, bubur ini ada memiliki arti. Orang jawa menyebut 'pitu' atau 'tujuh' yang berarti pitulungan.

Dengan bahasa Indonesia yang berarti meminta pertolongan kepada yang maha kuasa semoga di Ramadan kali ini mendapat kemudahan, imbuhnya.

Ia mengaku sudah berjualan sejak 2005 berlokasi di jalan Gajah Mada. Dan setiap Ramadan, Bubur Tujuh Rupa Bu joko membuka stand di Pusat Jajanan Semarangan Masjid Agung Semarang (Pajangan Mas) yang buka setiap hari mulai ashar hingga menjelang buka puasa.

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Terkini

Resep Es Doger Segar Dijamin Maknyus Sajikan di Rumah

Kamis, 16 September 2021 | 19:56 WIB

KABAR BAIK, Tebing Breksi Kantongi Izin Uji Coba

Senin, 13 September 2021 | 17:47 WIB

Nite & Day Hotel Group Buka di Semarang

Minggu, 12 September 2021 | 12:30 WIB
X