Matang Sempurna! Cara Memasak Daging dengan Metode 5-30-7

- Senin, 19 Juli 2021 | 12:33 WIB
Ilustrasi, memasak daging dengan teknik 5-30-7 agar matang dengan sempurna dan empuk. (legit.ng)
Ilustrasi, memasak daging dengan teknik 5-30-7 agar matang dengan sempurna dan empuk. (legit.ng)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Saat Iduladha, masakan berbahan dasar daging pasti akan memenuhi meja makan, mulai dari sate, rendang, hingga semur.

Jika Anda berencana memasak 3 menu itu saat Iduladha pasti sudah terbayangkan akan menghabiskan gas. Mungkin Anda bisa coba teknik memasak 5-30-7 yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Teknik itu bisa digunakan untuk memasak daging sapi atau kambing. Caranya dengan didihkan daging atau bahan makanan selama 5 menit, kemudian matikan api dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu masak kembali dengan air yang sama selama 7 menit.

Cara itu ternyata juga sering dilakukan para koki saat memasak. Chef Chandra Yudasswara mengatakan, dalam bidang masak teknik itu dinamakan simmering.

AYO BACA : 3 Cara Tepat Bersihkan Daging Sapi Kurban Iduladha

"Itu sih sudah biasa kita lakukan sebetulnya. Karena tanpa disadari kita chef sering melakukan itu. Itu namanya simmering, menggunakan api sangat kecil sekali gak boleh ketemu titik didih," kata Chandra, dilansir Suara.com.

Meski begitu, ada beberapa faktor yang bisa membuat daging matang sempurna dengan dimasak teknik itu. Salah satunya yang paling berpengaruh, kata Chandra, kuantitas dan ukuran daging yang dimasak.

Semakin sedikit daging yang dimasak dan dipotong dengan ukuran tipis tentu akan lebih mudah menggunakan metode 5-30-7. Selain itu massa air yang digunakan juga akan berpengaruh.

"Misal satu ayam utuh dimasukan ke dalam 50 liter air mendidih. Massa air itu akan terus panas sampai ayamnya matang. Jadi itu ditentukan jumlah massa air mediatornya. Kalau volume air besar 50 liter dimasak mendidih 5 menit. Terus didiemin 30 menit mateng itu ayamnya pasti. Apalagi ditambah 7 menit lagi. Pasti matang," tuturnya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Ubud Brayo, Wisata Kuliner di Batang Bernuansa Bali

Sabtu, 25 September 2021 | 14:59 WIB

Resep Es Doger Segar Dijamin Maknyus Sajikan di Rumah

Kamis, 16 September 2021 | 19:56 WIB

KABAR BAIK, Tebing Breksi Kantongi Izin Uji Coba

Senin, 13 September 2021 | 17:47 WIB

Nite & Day Hotel Group Buka di Semarang

Minggu, 12 September 2021 | 12:30 WIB
X